Berapa lamakah waktu kita habisakan hingga kita sulit melepaskan? Berapa banyakkah kejadian bisa membekas lalu kita sulit untuk lupa? Bagi saya tidaklah lama, jika kita telah menikmati waktu dan suasana disana, berat sekali untuk pergi dan lupa. Namun, semua harus saya rasakan dan harus saya lakukan. Pepatah bilang ”Ada awal pasti ada akhir, ada datang ada pula pergi”. Dan inilah kondisi yang paling mengharukan sepanjang saya hidup, tinggal dan belajar di Jogja. 5 Tahun lebih bukan waktu yang singkat, bukan hal yang sederhana untuk lupa. Semua menjadi waktu yang sangat berharga karena waktu-waktu seperti itu akan segera tiada, atau paling tidak butuh waktu lama untuk kembali kesana untuk hanya sekedar bernostalia di Jogja kelak. Meninggalkan kampus, rumah tinggal sementara, rumah sakit pendidikan, kota dan sahabat-sahabat yang telah lama menjadi bagian hidup saya di Jogja. Tapi yang pasti hari akan segera berganti baru.