Satu minggu menjadi sebuah awal pengalaman professional yang mencengangkan dan benar-benar applycable. Hal yang aku pelajari di kertas, di jilid tebal buku-buku kasus penyakit, tiba-tiba saja ada didepan mata, ada di pegangan tangan. Wah aku tak tahu apa yang harus aku lakukan, itu adalah awal ekspresi professionalku di Instalasi Bedah Sentral RSUD Panembahan Senopati Bantul, iya sebagai mahasiswa co-assistancy disana, selama dua minggu penuh aku belajar di ruang operasi dari kasus minor sampai mayor. Banyak sekali cerita yang menggambarkan jatuh bangunnya hingga aku benar-benar mampu beradaptasi disana. Belum lagi mendapat ekspresi curiga, judes, kena marah karena salah atau baru takut salahpun. Hahhh sabar...ya memang awal tak selalu mudah. Dan satu minggu rasanya telah cukup waktu untuk pengkajian hingga evaluasi belajar. Minggu depan stase bedah di IBS (OK) terus berlanjut, lebih baik pasti dan tentu bersama patnerku Nika, ayo Nik kita belajar lebih keras dan cerdas lagiii...