Singkat cerita, setelah melewati banyak proses yang rumit dan panjang aku terdaftar sebagai mahasiswa tahap profesi di kampus tercintaku UMY. Satu tahun yang akan banyak menantang nyali, menjalani profesiku dengan penuh keyakinan bahwa aku memang akan dan telah masuk dunia tersebut. Mau dan tidak mau harus aku jalani, dengan sepenuh hati tentunya. Hari dimana kegiatan kepaniteraan klinik akan segera tiba, serangkaian tes dan pembekalan mengantarkanku dan sejawat bersiap mental untuk menginjakkan kaki di tempat praktik. Tiga tempat akan memisahkan kami satu angkatan, Yogyakarta, Purworejo dan Temanggung, 3 kota yang membentangkan jarak persahabatan kami. Yogya, menjadi home base pendidikanku saat ini. Sumpah mahasiswa co-ass dilaksanakan di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta di bawah Al-Qur'an dan dihadapan pimpinan RS, Staff dan pihak kampus. Pembekalan lahanpun kami lakukan di PSTW Budi Luhur Kasongan Bantul dan RSJ Ghrasia Pakem Sleman DIY. Dan sekarang aku mendapatkan stase atau bagian Medikal Bedah di RS jejaring di RS Panembahan Senopati Bantul untuk 3 bulan kedepan. Dan semoga aku mampu lulus dengan memuaskan kembali, amin...